Refleksi Idhul Adha

 Iduladha memberikan makna bahwa kita harus ikhlas demi kebaikan. Contohnya adalah ikhlas untuk berkurban, dengan hewan kurbannya kemudian disalurkan kepada yang berhak, dan kemudian mereka yang berhak pun turut merasa gembira dengan kita untuk bersama-sama merayakan hari raya. Itu sudah menjadi sebuah poin kebaikan. 

Akan tetapi tahun ini, ikhlas kita harus bertambah. Kita harus lebih berikhlas lagi. Ikhlas untuk tidak melakukan silaturahmi secara langsung, ikhlas tidak pulang kampung, ikhlas untuk berjarak, dan lain sebagainya. Belum lagi para jamaah haji yang harusnya berangkat tahun ini tetapi harus ikhlas untuk menunda keberangkatannya. 

Selain itu, bagi para Tenaga Kesehatan yang bertindak sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 juga harus ikhlas untuk terus berjuang. Untuk itu, apresiasi setinggi-tingginya harus kita berikan kepada Tenaga Kesehatan. Semua keikhlasan yang kita lakukan ini adalah untuk kebaikan. Kebaikan bagi kita bersama. Dengan demikian, justru tahun ini, Iduladha kita akan jauh lebih terasa, karena Iduladha identik dengan keikhlasan itu tadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Olahraga Futsal

Tugas Literasi